Edy Juniawan, I Made (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KELOMPOK SOSIAL HUMANIORA SISWA SD KELAS V DI GUGUS 1 KUTA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1729041086-COVER .pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729041086-ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729041086-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729041086-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729041086-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN - Copy.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729041086-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729041086-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (DAPTAR PUSTAKA)
1729041086-DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (377kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729041086-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK I Made Edy Juniawan (2020) Pengaruh pembelajaran saintifik berbasis literasi terhadap kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora pada siswa kelas V SD Gugus 1 Kuta Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. A. A. I. N. Marhaeni, M.A. pembimbing II : Prof.Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd. Kata kunci : membaca pemahaman, hasil belajar, sosial humaniora Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kegiatan pembelajaran saintifik berbasis literasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Gugus 1 Kuta, (2) pengaruh pembelajaran saintifik berbasis literasi terhadap hasil belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora pada siswa kelas V SD Gugus 1 Kuta, (3) pengaruh pembelajaran saintifik berbasis literasi secara simultan terhadap kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora pada siswa kelas V SD Gugus 1 Kuta. Penelitian ini menggunakan rancangan single factor independent group design dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Gugus 1 Kuta, yang berjumlah 318 siswa. Sebanyak 70 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik berbasis literasi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik standar kurikulum 2013 . 2) terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora antara siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik berbasis literasi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik standar kurikulum 2013. 3) terdapat perbedaan terhadap kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar mata pelajaran kelompok sosial humaniora secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik berbasis literasi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik standar kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca pemahaman, hasil belajar, sosial humaniora |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Made Edy Juniawan |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 10:17 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 10:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1661 |
Actions (login required)
View Item |