Wicitradari, I Gusti Ayu Putu (2023) ANALISIS PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA DI SMP NEGERI 8 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071043-COVER.pdf Download (595kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071043-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071043-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071043-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan laboratorium IPA di SMP Negeri 8 Singaraja yang meliputi (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, (4) pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penentuan pelaku pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling, yang didasarkan pada responden yang paling mengetahui terkait masalah yang akan diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket yang diberikan kepada siswa VII.1, VIII.7, VIII.8 yang seluruhnya berjumlah 106 orang siswa, serta wawancara yang dilakukan dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Ketua Laboratorium, Laboran, dan Guru IPA sebanyak dua orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Model Miles and Huberman dengan tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) perencanaan yang meliputi perencanaan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan perencanaan program kerja laboratorium IPA telah dilaksanakan cukup baik namun perlu ditingkatkan lagi seperti tidak adanya pembuatan perencanaan SOP jadwal penggunaan laboratorium dan program kerja banyak yang belum terlaksana; (2) pengorganisasian yang telah dilaksanakan sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan kembali seperti pengelola laboratorium yang belum memiliki sertifikat, tidak adanya deskripsi tugas pengelola, dan beberapa administrasi belum dibuatkan; (3) pelaksanaan program kerja laboratorium IPA masih belum berjalan dengan baik seperti pelaksanaan praktikum yang tidak terlaksana didalam laboratorium karena pengalihan fungsi ruang laboratorium sebagai ruang kelas dan ruang guru, serta keterbatasan alat dan bahan; (4) pengawasan dan evaluasi belum berjalan dengan baik seperti pengawasan dan evaluasi yang dilakukan secara intern oleh pihak sekolah, tidak adanya laporan program kerja pada setiap tahun atau semester, dan belum adanya pengawasan dari pemerintah terkait laboratorium.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan laboratorium IPA, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Putu Wicitradari |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 01:15 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 01:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16668 |
Actions (login required)
View Item |