Dasa, Agung Krsna Lila (2023) Professional Development Program in Technology-Based Assessment Using Flip Application in SMPN 1 Selemadeg: Teacher’s Perceptions and Effect of Implementation. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081040-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081040-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081040-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana guru bahasa Inggris belajar menggunakan Aplikasi Flip selama professional development pada penilaian berbasis teknologi dilakukan 2) Untuk mendeskripsikan persepsi guru bahasa Inggris tentang penggunaan aplikasi flip untuk penilaian di kelas delapan di SMPN 1 Selemadeg. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana guru bahasa Inggris menerapkan aplikasi flip dalam menilai kemampuan bahasa Inggris siswa. 4) Untuk mengetahui apakah penerapan aplikasi flip mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 1 Selemadeg. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Selemadeg, Tabanan, Bali karena guru bahasa Inggris di sekolah ini telah berpartisipasi dalam program professional development penerapan teknologi dalam proses penilaian pembelajaran siswa. Penelitian ini menggunakan metode sequential mixed method dengan desain pre-experimental: One-Shot Case Study. Dalam penelitian ini peneliti menempatkan data kualitatif sebagai prioritas utama, sedangkan data kuantitatif melengkapi dan mengembangkan data kualitatif yang akan dicari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru bahasa Inggris mengikuti beberapa tahapan dalam professional development seperti mengikuti, mengikuti workshop penggunaan aplikasi flip dan mengimplementasikan penggunaan aplikasi flip di dalam kelas. 2) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SMPN 1 Selemadeg memberikan respon positif yang artinya guru menyetujui semua manfaat penilaian berbasis teknologi dengan menggunakan aplikasi flip. 3) Guru mengimplementasikan penggunaan aplikasi flip dengan membuat instruksi dan meminta siswa mengumpulkan video yang ada di aplikasi tersebut. 4) 58% siswa merasa terpengaruh dengan penerapan aplikasi flip untuk keterampilan berbicara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flip Application, Speaking Skill, Assessment |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Agung Krsna Lila Dasa |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 13:28 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 13:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16676 |
Actions (login required)
View Item |