PENGEMBANGAN E-MODULE IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA TOPIK EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA UNTUK SISWA SMP

Ntelok, Elfrida (2023) PENGEMBANGAN E-MODULE IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA TOPIK EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA UNTUK SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071026-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071026-ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071026-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik dan menganalisis validitas, kepraktisan, dan keterbacaan e-module IPA berbasis project based learning (PjBL) pada topik ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia untuk siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah R & D (research and development) model ADDIE dengan tahapan Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Tahapan dalam penelitian dibatasi sampai tahap development. Pengujian validitas e-module IPA diuji oleh dua orang ahli pendidikan IPA. Pengujian kepraktisan emodule diuji oleh lima orang guru IPA. Pengujian keterbacaan e-module diuji secara terbatas oleh 11 orang siswa kelas VII SMP/MTs. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar angket analisis kebutuhan, lembar validasi e-module, dan lembar angket respon uji kepraktisan dan uji keterbacaan. Data-data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik e-module IPA mencakup (1) berupa bahan ajar pembelajaran IPA kelas VII semester II kurikulum merdeka yang dikemas dalam bentuk digital (2) disusun secara sistematis berdasarkan sintak model PjBL. (3) disajikan lebih interaktif karena dilengkapi media audio dan visual yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa secara mandiri. Tingkat validitas e-module IPA berbasis PjBL termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,98. Tingkat kepraktisan e-module IPA berbasis PjBL termasuk dalam kategori sangat praktis dengan rerata skor 3,83. Tingkat keterbacaan e-module IPA berbasis PjBL termasuk dalam kategori terbaca, dengan rerata skor 3,54. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan e-module IPA berbasis PjBL pada topik ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia untuk siswa SMP ini layak diuji coba lebih lanjut ke tahap selanjutnya yaitu implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-module, PjBL, Ekologi, Keanekaragaman Hayati Indonesia, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Elfrida Leonita Ntelok
Date Deposited: 24 Jul 2023 16:06
Last Modified: 24 Jul 2023 16:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16724

Actions (login required)

View Item View Item