PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KINERJA ILMIAH SISWA PADA ERA NEW NORMAL

Pratiwi, Ni Made Mega (2023) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KINERJA ILMIAH SISWA PADA ERA NEW NORMAL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071008-Cover.pdf

Download (611kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071008-Abstrak.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1923071008-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1923071008-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1923071008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1923071008-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071008-Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071008-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model blended learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa pada era new normal. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII yang berjumlah 114 siswa. Dari populasi tersebut, 78 siswa dipilih menjadi sampel penelitian melalui teknik random sampling. Untuk mengumpulkan data, ada 3 instrumen utama yang digunakan, yaitu: tes kemampuan berpikir kreatif, tes kinerja ilmiah dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Data dianalisis dengan formula multivariate analysis of variance. Hasil analisis menunjukan: 1) secara parsial, blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, 2) secara parsial, blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ilmiah siswa dan 3) secara simultan, blended learning berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa. Hasil ini berimplikasi pada didorongnya penerapan blended learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa di era new normal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Berpikir Kreatif, Kinerja Ilmiah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Made Mega Pratiwi, S.Si
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:51
Last Modified: 24 Jul 2023 07:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16752

Actions (login required)

View Item View Item