PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA BENDA DI SEKITARKU KELAS III SD BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21

Hidayani, Elif (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA BENDA DI SEKITARKU KELAS III SD BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729041090-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729041090-ABSTRAK.pdf

Download (554kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729041090-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729041090-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729041090-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729041090-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729041090-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729041090-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729041090-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk. mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas RPP Tema Benda di Sekitarku pada pembelajaran tematik berbasis kecakapan belajar dan berinovasi abad 21 siswa kelas III SD/MI Kecamatan Kuta Kabupaten Badung Bali. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model 4-D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Define, Design, Develop, dan Dissemination, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Sampel penelitian berjumlah 5 Sekolah Dasar dengan praktisi 5 orang guru SD. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi, instrumen keterlaksanaan RPP, angket respon guru, dan test hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tema Benda di Sekitarku dinyatakan “sangat valid” menggunakan hasil Alpha Cronbach sebesar 0,85 yang telah divalidasi oleh tiga orang ahli; (2) Kepraktisan RPP diperoleh dari hasil analisis rata-rata skor APPP sebesar 4,5. Berdasarkan kriteria kepraktisan, dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan tergolong sangat praktis karena rata-rata skornya berada pada interval . Rata-rata skor respon guru tehadap produk RPP sebesar 4,4. Berdasarkan kriteria kepraktisan, tergolong sangat praktis karena rata-rata skornya berada pada interval ; (3) Efektivitas diperoleh dari analisis hasil belajar siswa kelas III menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 5,83 dengan nilai signifikansi sebesar 1,96 artinya t-hitung > t-tabel, sehingga keputusan yang dapat diambil adalah diterima dengan tingkat efektifitas sedang (ES=0,51).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Elif Hidayani
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:22
Last Modified: 03 Mar 2020 03:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item