Hidayani, Elif (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA BENDA DI SEKITARKU KELAS III SD BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR DAN BERINOVASI ABAD 21. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729041090-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729041090-ABSTRAK.pdf Download (554kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729041090-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729041090-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729041090-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729041090-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729041090-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729041090-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729041090-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk. mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas RPP Tema Benda di Sekitarku pada pembelajaran tematik berbasis kecakapan belajar dan berinovasi abad 21 siswa kelas III SD/MI Kecamatan Kuta Kabupaten Badung Bali. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model 4-D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Define, Design, Develop, dan Dissemination, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Sampel penelitian berjumlah 5 Sekolah Dasar dengan praktisi 5 orang guru SD. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi, instrumen keterlaksanaan RPP, angket respon guru, dan test hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tema Benda di Sekitarku dinyatakan “sangat valid” menggunakan hasil Alpha Cronbach sebesar 0,85 yang telah divalidasi oleh tiga orang ahli; (2) Kepraktisan RPP diperoleh dari hasil analisis rata-rata skor APPP sebesar 4,5. Berdasarkan kriteria kepraktisan, dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan tergolong sangat praktis karena rata-rata skornya berada pada interval . Rata-rata skor respon guru tehadap produk RPP sebesar 4,4. Berdasarkan kriteria kepraktisan, tergolong sangat praktis karena rata-rata skornya berada pada interval ; (3) Efektivitas diperoleh dari analisis hasil belajar siswa kelas III menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 5,83 dengan nilai signifikansi sebesar 1,96 artinya t-hitung > t-tabel, sehingga keputusan yang dapat diambil adalah diterima dengan tingkat efektifitas sedang (ES=0,51).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Elif Hidayani |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 03:22 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 03:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1676 |
Actions (login required)
View Item |