PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

Handayani, Gusti Ayu Dewi Yunita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071015-Cover.pdf

Download (937kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071015-Abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071015-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (492kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071015-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071015-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071015-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071015-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071015-Daftar Pustaka.pdf

Download (469kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071015-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini menyelidiki pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa SMP. Penelitian dengan rancangan Non Equivalen Control Group ini melibatkan 84 siswa kelas 9 SMPN 6 Denpasar sebagai sampel yang dipilih secara random. Data hasil belajar diperoleh melalui tes pilihan ganda dan data motivasi belajar diperoleh melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan ANAVA satu jalur dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, adanya perbedaan signifikan motivasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 31,252; Sig < 0,05); kedua, adanya adanya perbedaan signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 48,223; Sig < 0,05); ketiga, adanya perbedaan signifikan motivasi dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional (F = 48,48; Sig < 0,05). Dilihat dari rata-rata motivasi belajar IPA, siswa yang menerima pembelajaran berbasis proyek (rata-rata = 174,71) lebih tinggi dibandingkan dengan yang menerima pembelajaran konvensional (rata-rata = 158,61). Begitu pula dengan hasil belajar IPA, siswa yang menerima pembelajaran berbasis proyek (rata-rata = 76,40) lebih tinggi dibandingkan dengan yang menerima pembelajaran konvensional (rata-rata = 56,95).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning Models, Learning Motivation, Learning Result
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: G.A. Dewi Yunita Handayani
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:56
Last Modified: 24 Jul 2023 07:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16782

Actions (login required)

View Item View Item