Kristiani, Putu Enik (2023) Vocational High School English Teachers' Perception and Practices of Authentic Assessment on Students' Productive Skills. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081052-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081052-ABSTRAK.pdf Download (440kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081052-LAMPIRAN.pdf Download (644kB) |
Abstract
Melalui penerapan Kurikulum Merdeka, pemerintah mengharapkan para guru untuk selalu menerapkan penilaian otentik. Hal ini karena penilaian autentik diyakini akan lebih memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih dan mengembangkan keterampilannya. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan persepsi guru tentang penilaian autentik terhadap keterampilan produktif siswa, 2) mendeskripsikan perencanaan penilaian autentik untuk penilaian keterampilan produktif siswa, 3) mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik untuk menilai keterampilan produktif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Puriwisata Pancasari dengan melibatkan dua orang guru Bahasa Inggris sebagai subjek penelitian. Ada tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, analisis dokumen, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, checklist, dan catatan lapangan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) guru menganggap bahwa penilaian autentik adalah cara yang tepat untuk meningkatkan keterampilan produktif siswa karena memberikan lebih banyak kesempatan bagi mereka untuk melakukan praktik yang lebih otentik dan fokus pada keterampilan siswa yang akan berguna dalam situasi kehidupan nyata, 2) guru merencanakan beberapa teknik penilaian autentik dan rubrik sebagai instrumen dalam modul pengajaran mereka dengan mengikuti beberapa langkah, 3) guru secara aktif menerapkan penilaian autentik untuk menilai keterampilan produktif siswa dengan menggunakan beberapa jenis penilaian autentik seperti penilaian berbasis kinerja, penilaian diri, proyek, dan observasi. Jenis penilaian autentik ini dilaksanakan melalui beberapa teknik seperti bermain peran, bercerita, menilai diri sendiri, debat, dialog berpasangan, tanya jawab (questioning), diskusi dan presentasi, tugas bergambar, dan proyek menulis, 4) ada perbedaan antara perencanaan dan pelaksanaan karena situasi kelas yang berbeda dengan ekspektasi guru. Temuan lainnya menunjukkan bahwa adanya hubungan antara persepsi guru dengan perencanaan dan implementasi penilaian otentik pada keterampilan produtif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, perencanaan, pelaksanaan, penilaian autentik keterampilan produktif, kurikulum Merdeka Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Putu Enik Kristiani |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 00:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16830 |
Actions (login required)
View Item |