Pengaruh Model Problem Based Flipped Classroom Learning terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Siswa di SMA

Wisniari, Putu Tiara (2023) Pengaruh Model Problem Based Flipped Classroom Learning terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Siswa di SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021002-COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021002-ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021002-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi fisika siswa di SMA Negeri 1 Gianyar antara siswa yang belajar menggunakan model problem based flipped classroom learning (PBFCL) dan model direct instruction (DI). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain one way pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Gianyar yang terdiri atas 343 siswa yang terdistribusi ke dalam 9 kelas berbeda. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik random assignment. Sampel terdiri atas dua kelas yaitu XI MIPA 8 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang dan XI MIPA 9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh dengan menggunakan tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang terdiri atas 10 butir soal essay dengan konsistensi internal butir bergerak dari γ = 0,532 s/d γ = 0,758 dan koefisien reliabilitas instrumen sebesar α = 0,881. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan ANAKOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan keterampilan berpikir tingkat tinggi fisika siswa antar kelompok yang belajar dengan model PBFCL dan siswa yang belajar dengan model DI. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis menggunakan ANAKOVA yang menunjukkan nilai statistik F* = 393,467 dengan angka signifikansi 0,001 (α < 0,05) yang berarti hipotesis penelitian diterima. Hasil keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang belajar dengan model PBFCL (M = 75,42 dengan SD = 9,30) lebih tinggi dibandingkan keterampilan berpikir tingkat tinggi kelompok model DI (M = 44,56 dengan SD = 7,69). Pembelajaran dengan menggunakan model PBFCL membiasakan siswa dalam berpikir tingkat tinggi sehingga mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model problem based flipped classroom learning, model direct instruction, keterampilan berpikir tingkat tinggi fisika siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Putu Tiara Wisniari
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:34
Last Modified: 25 Jul 2023 01:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16831

Actions (login required)

View Item View Item