PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BANJAR JAWA

Setyawan, Made Agus Adi (2023) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031238-COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031238-ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031238-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031238-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031238-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031238-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031238-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031238-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031238-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang dignifikan kemempuan numerasi siswa antara siswa yang dibelajarkan melalui model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Software GeoGebra dan siswa yang dibelajarkan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa. Penelitian ini menggunakan rancangan “Non Equivalent Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa yang banyaknya 76 orang siswa, kemudian untuk menentukan sampel penelitian digunakan teknik sampling jenuh, sehingga diperoleh sebanyak 38 siswa kelas IV A sebagai kelompok kontrol dan 38 siswa kelas IV B sebagai kelompok eksperimen. Data tentang kemampuan numerasi siswa dikumpulkan dengan metode berupa tes berbentuk uraian yang diberikan setelah 5 kali perlakuan di kelompok eksperimen dan di kelompok kontrol. Data kemampuan numerasi siswa dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 74 diperoleh nilai ttabel, = 1,666 dan diperoleh thitung = 8,480, sehingga thitung  ttabel yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil rata – rata gain skor kemampuan numerasi siswa kelompok eksperimen yaitu 0,622 lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,261. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model inkuiri terbimbing berbantuan software GeoGebra terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing1, GeoGebra2, kemampuan numerasi3
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Agus Adi Setyawan
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:46
Last Modified: 25 Jul 2023 03:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16870

Actions (login required)

View Item View Item