Setyawan, Made Agus Adi (2023) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031238-COVER.pdf Download (614kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031238-ABSTRAK.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031238-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031238-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031238-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031238-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031238-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031238-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031238-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang dignifikan kemempuan numerasi siswa antara siswa yang dibelajarkan melalui model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Software GeoGebra dan siswa yang dibelajarkan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa. Penelitian ini menggunakan rancangan “Non Equivalent Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa yang banyaknya 76 orang siswa, kemudian untuk menentukan sampel penelitian digunakan teknik sampling jenuh, sehingga diperoleh sebanyak 38 siswa kelas IV A sebagai kelompok kontrol dan 38 siswa kelas IV B sebagai kelompok eksperimen. Data tentang kemampuan numerasi siswa dikumpulkan dengan metode berupa tes berbentuk uraian yang diberikan setelah 5 kali perlakuan di kelompok eksperimen dan di kelompok kontrol. Data kemampuan numerasi siswa dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 74 diperoleh nilai ttabel, = 1,666 dan diperoleh thitung = 8,480, sehingga thitung ttabel yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil rata – rata gain skor kemampuan numerasi siswa kelompok eksperimen yaitu 0,622 lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,261. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model inkuiri terbimbing berbantuan software GeoGebra terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing1, GeoGebra2, kemampuan numerasi3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Agus Adi Setyawan |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:46 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16870 |
Actions (login required)
View Item |