Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Jembrana

Miranda, Dinda Vida (2023) Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612011023 - COVER.pdf

Download (619kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011023 - ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011023 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011023 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011023 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBHASAN)
1612011023 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011023 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011023 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011023 - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif kualitatif (mixed methods) tentang penggunaan metode cooperative script pada pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI IPA di MAN 1 Jembrana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keefektifan penggunaan metode cooperative script dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI IPA MAN 1 Jembrana. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode cooperative script pada pembelajaran menulis cerpen di kelas XI IPA MAN 1 Jembrana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Jembrana. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil yang ditemukan adalah (1) Metode cooperative script terbukti metode yang efektif dalam pembelajaran menulis cerpen. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran yang menjadi lebih mudah dikerjakan dan dipahami. (2) Dengan menggunakan metode cooperative script hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerpen mengalami peningkatan. Terlihat dari hasil yang diperoleh siswa, yakni menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Script, Pembelajaran Menulis Cerpen, Metode Discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Dinda Vida Miranda
Date Deposited: 25 Jul 2023 09:25
Last Modified: 25 Jul 2023 09:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16984

Actions (login required)

View Item View Item