Miranda, Dinda Vida (2023) Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011023 - COVER.pdf Download (619kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011023 - ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011023 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011023 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011023 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBHASAN)
1612011023 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011023 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011023 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011023 - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif kualitatif (mixed methods) tentang penggunaan metode cooperative script pada pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI IPA di MAN 1 Jembrana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keefektifan penggunaan metode cooperative script dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI IPA MAN 1 Jembrana. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode cooperative script pada pembelajaran menulis cerpen di kelas XI IPA MAN 1 Jembrana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Jembrana. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil yang ditemukan adalah (1) Metode cooperative script terbukti metode yang efektif dalam pembelajaran menulis cerpen. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran yang menjadi lebih mudah dikerjakan dan dipahami. (2) Dengan menggunakan metode cooperative script hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerpen mengalami peningkatan. Terlihat dari hasil yang diperoleh siswa, yakni menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Cooperative Script, Pembelajaran Menulis Cerpen, Metode Discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Dinda Vida Miranda |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 09:25 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 09:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16984 |
Actions (login required)
View Item |