Juniantini, Luh Ade (2023) ENACTING AN ARTIFICIAL INTELLIGENCE-BASED LEARNING MEDIA TO SUPPORT VOCABULARY MASTERY AT SMA NEGERI 2 GEROKGAK: A MIXED METHODS STUDY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021222-COVER.pdf Download (726kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021222-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021222-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021222-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021222-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021222-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021222-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021222-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021222-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak dari aplikasi Busuu terhadap penguasaan kosakata siswa dan persepsi mereka terhadap implementasinya di kelas sebelas di SMA Negeri 2 Gerokgak. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya pengajaran kosakata di Indonesia dan tantangan yang dihadapi oleh para guru dalam menggabungkan teknologi ke dalam pengajaran kosakata. Teknologi pendidikan, termasuk aplikasi Busuu, menawarkan kesempatan bagi siswa untuk belajar secara mandiri dan mengakses berbagai materi pembelajaran yang dirancang untuk mempelajari bahasa asing, memberikan umpan balik dari penutur asli dan pelajaran yang dapat diunduh. Penelitian sebelumnya telah menyoroti dampak positif Busuu terhadap motivasi dan pembelajaran kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian metode campuran, yang menggabungkan analisis data kuantitatif dan wawancara kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama tujuh kali pertemuan dengan siswa kelas sebelas untuk meningkatkan kemampuan kosakata mereka. Penelitian ini menguji signifikansi statistik dari peningkatan penguasaan kosakata di antara para pengguna Busuu dan menganalisis data kualitatif untuk mendapatkan wawasan tentang persepsi siswa terhadap aplikasi tersebut. Temuan dari penelitian ini berkontribusi pada peningkatan praktik pembelajaran bahasa di Indonesia dan memberikan wawasan yang berharga bagi pembelajar dan pendidik bahasa. Signifikansi penelitian ini terletak pada informasi yang diberikan kepada para guru mengenai berbagai media pembelajaran dan dampaknya terhadap pengajaran bahasa Inggris. Lebih jauh lagi, penelitian ini membantu sekolah-sekolah untuk meningkatkan media pembelajaran yang ada dan mengikuti perkembangan pendidikan. Bagaimanapun juga, hasil penelitian menunjukkan bahwa Busuu merupakan platform yang berharga untuk pembelajaran kosakata, yang dapat menciptakan suasana belajar yang positif. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan keefektifan aplikasi Busuu dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini menyoroti pentingnya menggabungkan teknologi ke dalam pengajaran kosakata dan memberikan wawasan untuk penelitian lebih lanjut di bidang ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, AI, Penguasaan Kosakata, Busuu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Ade Juniantini |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16996 |
Actions (login required)
View Item |