PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMA

Br Sianturi, Dinauli (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021020-COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021020-ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021020-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini tujuannya menjelaskan perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada aktivitas belajar fisika antara peserta didik yang mempergunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berorientasi STEM dan model pembelajaran Konvensional. Jenis kajian ini ialah studi eksperimen semu one way pre-test-post-test non-equivalent control group design. Populasi dalam kajian ini yakni peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Singaraja dalam 3 kelas sebanyak 94 siswa. Sampel ditentukan dengan simple random sampling sebanyak 2 kelas dengan total 60 siswa. Data yang dihimpun pada kajian ini ialah data kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam bentuk essay. Analisis data mempergunakan deskriptif dan one-way ANAKOVA. Hasil kajian memperoleh temuan kemampuan berpikir tingkat tinggi awal peserta didik kelas eksperimen serta kontrol lebih kecil sebelum perlakuan, kemudian rerata kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah perlakuan pada kelas eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis mengindikasikan ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada aktivitas belajar fisika antara yang mempergunakan PjBL Berorientasi STEM dibanding pemodelan konvensional (F* = 36,471 ; p < 0,05) dan (∆_μ= μ(I)-μ(J)=5,956 dan LSD = 3,937).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model Project Based Learning, model Konvensional, STEM, kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Dinauli Br Sianturi
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:53
Last Modified: 26 Jul 2023 01:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17029

Actions (login required)

View Item View Item