Br Sianturi, Dinauli (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021020-COVER.pdf Download (532kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021020-ABSTRAK.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kajian ini tujuannya menjelaskan perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada aktivitas belajar fisika antara peserta didik yang mempergunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berorientasi STEM dan model pembelajaran Konvensional. Jenis kajian ini ialah studi eksperimen semu one way pre-test-post-test non-equivalent control group design. Populasi dalam kajian ini yakni peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Singaraja dalam 3 kelas sebanyak 94 siswa. Sampel ditentukan dengan simple random sampling sebanyak 2 kelas dengan total 60 siswa. Data yang dihimpun pada kajian ini ialah data kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam bentuk essay. Analisis data mempergunakan deskriptif dan one-way ANAKOVA. Hasil kajian memperoleh temuan kemampuan berpikir tingkat tinggi awal peserta didik kelas eksperimen serta kontrol lebih kecil sebelum perlakuan, kemudian rerata kemampuan berpikir tingkat tinggi setelah perlakuan pada kelas eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis mengindikasikan ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada aktivitas belajar fisika antara yang mempergunakan PjBL Berorientasi STEM dibanding pemodelan konvensional (F* = 36,471 ; p < 0,05) dan (∆_μ= μ(I)-μ(J)=5,956 dan LSD = 3,937).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Project Based Learning, model Konvensional, STEM, kemampuan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Dinauli Br Sianturi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 01:53 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 01:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17029 |
Actions (login required)
View Item |