Wulandari, Ni Kadek Ayu Nanda (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Bergambar Materi Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Singapadu Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031300 - COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031300 - ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031300 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (368kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031300 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031300 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031300 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031300 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031300 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031300 - LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran komik bergambar pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan mata pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 2 Singapadu,(2) mengetahui kelayakan media pembelajaran komik bergambar pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan mata pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 2 Singapadu, dan (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran komik bergambar pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan mata pelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 2 Singapadu. Penelitian ini menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation Evaluation). Penelitian ini menggunakan subjek 32 siswa kelas IV SD Negeri 2 Singapadu. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini berupa: (1) rancang bangun media komik bergambar yang melalui tahapan analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation); (2) kualitas produk komik bergambar diperoleh berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun dengan persentase sebesar 90,00%, penilaian ahli isi pembelajaran dengan persentase sebesar 94,04%, penilaian ahli desain instruksional dengan persentase sebesar 90,00%, penilaian ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 89,58%, hasil uji coba perorangan dengan persentase sebesar 88,20%, hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 88,98%, hasil uji coba lapangan dengan persentase sebesar 90,10%; (3) berdasarkan hasil analisis tes 1 (pretest) dan tes 2 (posttest) dengan teknik analisis statistik inferensial (uji-t) untuk sampel berkolerasi memperoleh hasil thitung (32,02) > ttabel (2,039) untuk dk=31 dan taraf signifikansi 5%, maka H0 ditolak dan H1 diterima, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn materi pancasila sebagai nilai kehidupan pada siswa kelas IV sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran menggunakan media komik bergambar dapat disimpulkan bahwa media komik bergambar efektif digunakan dalam pembelajaran muatan PPKn materi pancasila sebagai nilai kehidupan siswa kelas IV SD Negeri 2 Singapadu tahun pelajaran 2022/2023 sebesar 66%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, komik bergambar, ADDIE. |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ayu Nanda Wulandari |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 23:58 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 23:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17066 |
Actions (login required)
View Item |