PENGARUH KEMAMPUAN AKADEMIK DAN KETAHANMALANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 3 DENPASAR

Dewi, Luh Gede Candra (2023) PENGARUH KEMAMPUAN AKADEMIK DAN KETAHANMALANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 3 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011003-COVER.pdf

Download (247kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011003-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011003-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan pengaruh kemampuan akademik dan ketahanmalangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Denpasar tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 263 siswa. Sampel penelitian sebanyak 158 siswa ditentukan melalui formula Isaac-michael dan dipilih dengan teknik proportional random sampling. Data kemampuan akademik diperoleh melalui instrumen tes penguasaan materi dan data kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh melalui instrumen tes pemecahan masalah matematika. Sementara data ketahanmalangan diperoleh melalui instrumen kuesioner pertanyaan tertutup. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dibantu perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil penelitian menyatakan bahwa model teoretik pengaruh kemampuan akademik dan ketahanmalangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika terbukti secara empirik. Indikator kognitif valid untuk mengukur kemampuan akademik. Semua indikator ketahanmalangan valid, dengan kontribusi terbesar pada indikator asal-usul dan pengakuan, yaitu 0,932. Kemudian, semua indikator kemampuan pemecahan masalah juga valid, dengan kontribusi terbesar pada indikator melaksanakan pemecahan, yaitu 0,875. Selanjutnya, ditemukan bahwa kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 41%, yang dibuktikan melalui nilai koefisien jalur sebesar 0,410. Ketahanmalangan juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 37%, yang dibuktikan melalui nilai koefisien jalur sebesar 0,372. Secara bersama-sama, kemampuan akademik dan ketahanmalangan berpengaruh signifikan sebesar 50% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dibuktikan melalui nilai R Square sebesar 0,499. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan akademik dan ketahanmalangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan akademik, ketahanmalangan, kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Luh Gede Candra Dewi
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:32
Last Modified: 26 Jul 2023 03:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17078

Actions (login required)

View Item View Item