PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA

Riyanto, Jhon (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911011041-COVER.pdf

Download (408kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911011041-ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911011041-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang tujuan akhirnya mengembangkan produk panduan bimbingan karir berbasis pendidikan kecakapan hidup dengan pendekatan teori karir super untuk meningkatkan perencanaan karir siswa. Penelitian ini menerapkan model penelitian 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini menyertakan 3 orang pakar yaitu dosen program studi bimbingan konseling FIP Undiksha sebagai judges. Peneliti melakukan uji validitas terhadap produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penilaian ahli ditemukan bahwa produk memenuhi persyaratan dan layak untuk digunakan dalam layanan bimbingan karir dengan nilai CVR berjumlah 18 dan CVI sebesar 1. Uji keefektifan dilakukan untuk mengetahui apakah panduan bimbingan karir yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan perencanaan karir siswa. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa panduan efektif dengan diperoleh nilai signifikansi uji-t 0,000 < 0,005 dengan nilai effect size 1,66. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa panduan bimbingan karir yang dikembangkan efektif dan termasuk kategori ES tinggi untuk meningkatkan perencanaan karir siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karir, Kecakapan Hidup, Teori Karir Super, Bimbingan Karir.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Jhon Riyanto
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:40
Last Modified: 26 Jul 2023 06:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item View Item