Putri, Margareth Endaris (2023) Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712061029-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712061029-ABSTRAK.pdf Download (639kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712061029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712061029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712061029-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712061029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712061029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712061029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712061029-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja, serta mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas tersebut. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja telah berhasil mengimplementasikan pengelolaan kelas dengan baik. Dalam pengelolaan kelasnya, guru menggunakan berbagai prinsip, pendekatan, dan komponen pengelolaan kelas. Namun, beberapa pendekatan seperti pendekatan resep, pendekatan proses kerja kelompok, serta komponen pemusatan perhatian kelompok dan pendekatan pemecahan kelompok tidak diterapkan oleh guru. Penataan ruang kelas juga disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan mendapatkan persetujuan dari sekolah. Meskipun demikian, dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas, guru dihadapkan pada beberapa kendala yang berasal dari faktor siswa dan fasilitas. Beberapa kendala tersebut mungkin mempengaruhi kelancaran proses pembelajaran. Namun, guru telah melakukan upaya untuk menghadapi kendala tersebut agar pembelajaran tetap berjalan sebaik mungkin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prinsip, pendekatan, komponen, penataan ruang kelas, kendala, upaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Margareth Endaris Putri |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 06:11 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17155 |
Actions (login required)
View Item |