PENGARUH METODE OUTING CLASS LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS KELAS IV GUGUS II SELAT TAHUN AJARAN 2022/2023

Suciati, Ni Ketut (2023) PENGARUH METODE OUTING CLASS LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS KELAS IV GUGUS II SELAT TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031193-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031193-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031193-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031193-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031193-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031193-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031193-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031193-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031193-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode outing class learning terhadap kopetensi pengetahuan IPAS siswa Kelas IV Gugus II Selat tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimenr design) dengan rancangan desain penelitian bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus II Selat Tahun ajaran 202/2023 yang berjumlah 208 siswa. Seluruh populasi disetarakan menggunakan uji Anava satu jalur, setelah dinyatakan setara maka dilanjutkan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, kemudian diperoleh kelompok sampel yaitu kelas IV SD N 2 Amerta Bhuana yang berjumlah 22 orang siswa dan kelas IV SD N 1 Selat yang berjumlah 24 orang siswa. Langkah selanjutnya yakni menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik Cluster Random Sampling dimana diperoleh hasil kelas IV SD N 2 Amerta Bhuana sebagai kelas eksperimen, dan SD N 1 Selat sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 7,563 > ttabel = 2,015 berdsarkan taraf signifikansi 5% dan dengan dk = 44 (n1+n2-2), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kopetensi pengetahuan IPAS yang dibelajarkan dengan metode outing class learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode outing class learning berpengaruh terhadap kopetensi pengetahuan IPAS siswa di SD Gugus II Selat tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Outing class learning, Kopetensi pengetahuan IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Suciati
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:03
Last Modified: 26 Jul 2023 06:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17158

Actions (login required)

View Item View Item