Ariansidi, Mohamad (2023) EVALUASI SISTEM INFORMASI LAPORBUP MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE MEASUREMENT, RETROSPECTIVE THINK ALOUD DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029101025-COVER.pdf Download (838kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029101025-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029101025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029101025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029101025-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029101025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029101025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029101025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029101025-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sejak 5 tahun penggunaanya hingga saat ini belum pernah dilakukan evaluasi pada LAPORBUP dan belum diketahui seberapa besar tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan LAPORBUP selain itu ditemukan beberapa masalah yang terjadi pada LAPORBUP yang dirasakan oleh pengguna terkait dengan antarmuka dan fungsionalitas sistem. Permasalahan tersebut menunjukkan bahwa LAPORBUP masih belum sesuai dengan kebutuhan, maka perlu dilakukan analisis evaluasi usability secara menyeluruh pada sistem dengan mengukur efektivitas dan efisiensi serta tingkat kepuasan pengguna. Evaluasi LAPORBUP melibatkan 54 responden yang diperoleh dari perwakilan OPD dan masyarakat yang pernah mengajukan pengaduan dan aspirasi pada layanan LAPORBUP. Pengolahan data evaluasi ini dilakukan dengan teknik Performance Measurement untuk mengukur efektivitas dan efisiensi sistem, serta Retrospective Think Aloud dan User Experience Questionnaire untuk mengukur aspek kepuasan pengguna. Hasil evaluasi Performance Measurement menujukkan aplikasi LAPORBUP belum efektif kerena ditemukan beberapa permasalahan saat responden mengerjakan skenario tugas. Selanjutnya analisis data UEQ dilakukan dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool dengan membandingkan nilai setiap aspek dengan kumpulan data produk yang tersedia. Berdasarkan analisis yang dilakukan, aspek daya tarik termasuk pada kategori baik dengan nilai 1,75. Aspek kejelasan termasuk pada kategori diatas rata-rata dengan nilai sebesar 1,48. Aspek efisiensi termasuk pada kategori diatas rata-rata dengan nilai sebesar 1,18. Aspek ketepatan termasuk pada kategori baik dengan nilai sebesar 1,55. Aspek stimulasi termausk pada kategori sangat baik dengan nilai sebesar 2,13. Aspek kebaruan termasuk pada kategori Sangat Baik dengan nilai sebesar 1,81. Rekomendasi yang dihasilkan dari Retrospective Think Aloud terdiri dari 7 rekomendasi pada halaman pengaduan, 14 rekomendasi pada halaman administrator, 10 rekomendasi pada halaman bupati, dan 9 rekomendasi pada halaman OPD. Hasil evaluasi dan pengembangan kedepannya diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan bagi tim pengembang dalam melakukan perbaikan layanan pada sistem LAPORBUP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Sistem Informasi, Performance Measurement, Retrospective Think Aloud, User Experience. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Mohamad Ariansidi |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 05:40 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 05:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17161 |
Actions (login required)
View Item |