Nilawati, Ni Kadek Evi (2023) Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Geometri Materi Bangun Datar Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Tahapan Berpikir Geometri Van Hiele pada Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011089-COVER.pdf Download (829kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011089-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011089-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011089-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011089-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011089-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menyelesaikan soal geometri materi bangun datar segiempat dan segitiga berdasarkan tahapan berpikir geometri Van Hiele yaitu tahap 0 (Visualisasi), tahap 1 (Analisis), tahap 2 (Deduksi Informal), dan tahap 3 (Deduksi). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Tembuku yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kulitatif. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menyelesaikan soal geometri materi bangun datar segiempat dan segitiga berdasarkan tahapan berpikir geometri Van Hiele pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Tembuku mayoritas berada pada tahap 0 (visualisasi) yaitu terdapat 13 (tiga belas) siswa dengan persentase 46%. Namun ada juga siswa yang mencapai tahap 1 (analisis) yaitu sebanyak 10 (sepuluh) siswa dengan presentase 36%. Dan tahap tertinggi yang mampu dicapai siswa kelas VIIIA yaitu tahap 1 (deduksi informal) sebanyak 5 (lima) siswa dengan persentase 18%. Berdasarkan hal tersebut dapat simpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal geometri kelas VIIIA berdasarkan tahapan berpikir geometri Van Hiele yang mampu dicapai hanya sampai pada tahap deduksi informal, belum ada siswa yang mampu mencapai tahap deduksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menyelesaikan Soal, Berpikir Geometri, Teori Van Hiele |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI KADEK EVI NILAWATI |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 08:27 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 08:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17204 |
Actions (login required)
View Item |