THE IMPLEMENTATION OF ICT-BASED LEARNING MEDIA AT SMA N 1 TEJAKULA

Wiryani, Ni Made Ayu (2023) THE IMPLEMENTATION OF ICT-BASED LEARNING MEDIA AT SMA N 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021240-COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021240-ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021240-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021240-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021240-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021240-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021240-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021240-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021240-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SMA N 1 TEJAKULA Ni Made Ayu Wiryani, NIM 1712021240 English Language Education, Ganesha University of Education Singaraja, Undiksha Email : ayuwiryani34@gmail.com Abstract Pembelajaran onine learning pada saat ini menggunakan media berbasis TIK di sekolah. Akan tetapi, implementasi ICT-based learning media ini ditemukan kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengajar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan media pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris selama pembelajaran daring. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 3 orang guru Bahasa Inggris di SMA N 1 Tejakula. Selain itu, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Observasi bertujuan untuk mengetahui media TIK apa saja yang digunakan dan bagaimana penerapannya untuk pembelajaran daring. Selanjutnya, wawancara digunakan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru selama penerapan media pembelajaran berbasis TIK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media TIK yang digunakan dalam pembelajaran adalah power point, video, internet, WhatsApp, Youtube, Google classroom, video, dan video player dimana penerapan TIK sebagai bahan pembelajaran, media diskusi pembelajaran, media pengumpulan dan pengiriman tugas serta media absensi siswa. Ditemukan juga beberapa kendala yang dihadapi guru pada saat pembelajaran daring yaitu fasilitas komputer yang kurang memadai, kemampuan guru yang kurang dalam penguasaan TIK, media TIK yang beragam, membutuhkan banyak waktu dan tenaga serta koneksi jaringan yang kurang baik. Kata Kunci : Penerapan media TIK, Media TIK, Kendala penerapan media TIK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan media TIK, Media TIK, Kendala penerapan media TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: NI MADE AYU WIRYANI
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:00
Last Modified: 27 Jul 2023 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17230

Actions (login required)

View Item View Item