Wikasari, Ayu (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ELPSA Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar. [Show/Exhibition] (Unpublished)
Text (COVER)
1613011108-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011108-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011108-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (383kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011108-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011108-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011108-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011108-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011108-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011108-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran ELPSA lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar sebanyak 387 siswa yang terdistribusi ke dalam 11 kelas, sampel penelitian ini yaitu kelas VIII 2 dan VIII 5 sebanyak 70 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Data berupa skor pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep, berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu ekor. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 68.68 dan kelompok kontrol adalah 58.46 dan nilai thitung = 2.392 > ttabel = 1.995 dengan taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak, ini berarti bahwa rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ELPSA lebih tinggi daripada rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ELPSA memberikan pengaruh positif dalam menanamkan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Show/Exhibition |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran ELPSA, Pemahaman Konsep Matematika, TIMSS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ayu Wikasari |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 02:12 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1725 |
Actions (login required)
View Item |