Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ELPSA Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar

Wikasari, Ayu (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ELPSA Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar. [Show/Exhibition] (Unpublished)

[img] Text (COVER)
1613011108-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011108-ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011108-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011108-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011108-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011108-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011108-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011108-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011108-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran ELPSA lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Denpasar sebanyak 387 siswa yang terdistribusi ke dalam 11 kelas, sampel penelitian ini yaitu kelas VIII 2 dan VIII 5 sebanyak 70 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Data berupa skor pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep, berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu ekor. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 68.68 dan kelompok kontrol adalah 58.46 dan nilai thitung = 2.392 > ttabel = 1.995 dengan taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak, ini berarti bahwa rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ELPSA lebih tinggi daripada rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ELPSA memberikan pengaruh positif dalam menanamkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Show/Exhibition
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ELPSA, Pemahaman Konsep Matematika, TIMSS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ayu Wikasari
Date Deposited: 15 Jul 2020 02:12
Last Modified: 15 Jul 2020 02:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item