INVESTIGATING TEACHERS’ USE OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY IN ENGLISH CLASSROOMS AT SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR IN THE ACADEMIC YEAR 2022/2023

Ramadina, Ida Ayu Deshinta Purnama (2023) INVESTIGATING TEACHERS’ USE OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY IN ENGLISH CLASSROOMS AT SMK TI BALI GLOBAL DENPASAR IN THE ACADEMIC YEAR 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021151-COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021151-ABSTRAK.pdf

Download (399kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021151-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021151-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1912021151-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHSAN)
1912021151-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021151-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021151-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021151-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan TIK di SMK berbasis TI, yang meliputi: 1) jenis perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan; 2) penggunaan alat TIK oleh guru dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris; 3) tantangan yang dihadapi guru dalam menggunakan TIK. Dengan menerapkan analisis data kualitatif interaktif dari Miles, Huberman & Saldana (2014), penelitian ini mengamati 2 guru bahasa Inggris di SMK TI Bali Global Denpasar dalam hal penggunaan TIK dalam proses pembelajaran mereka. Melalui kuesioner, observasi dan wawancara, terungkap bahwa guru bahasa Inggris di SMK TI Bali Global Denpasar menggunakan berbagai jenis perangkat keras dan perangkat lunak dalam persiapan mengajar, selama mengajar, dan dalam evaluasi mereka. Namun frekuensi rata-rata penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak rendah, hal ini menunjukkan bahwa guru kadang-kadang menggunakannya. Tantangan yang dihadapi guru antara lain kurangnya keterampilan TIK guru, masalah koneksi internet, kesulitan dalam memilih materi pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa, kurangnya waktu dan rendahnya kesadaran siswa untuk menggunakan teknologi secara efektif selama pembelajaran di kelas. Temuan ini menyiratkan bahwa penggunaan teknologi oleh guru di sekolah kejuruan berbasis IT masih rendah dan mereka masih menghadapi tantangan yang signifikan. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan dan kemauan guru untuk menggunakan teknologi harus diprioritaskan saat merekrut guru di sekolah berbasis TI untuk mendukung penguasaan keterampilan TIK siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Inggris, Perangkat keras, Perangkat lunak, Sekolah kejuruan berbasis TI, Tantangan dan solusi, TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ida Ayu Desintha Purnama Ramadina
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:16
Last Modified: 27 Jul 2023 06:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17296

Actions (login required)

View Item View Item