Suciyanti, Putri Ismi (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TEMA MENGENAL SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071018-COVER.pdf Download (173kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071018-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071018-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelasakan karakteristik, tingkat validitas, tingkat kepraktisan serta tingkat keterbacaan perangkat pembelajaran IPA Terpadu dengan model inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA kelas VIII tema sistem perderan darah manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan model Borg & Gall, namun hanya terbatas sampai tahap lima yakni revisi hasil uji coba. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik penilaian penyebaran angket dan lembar validasi. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan hasil data kuantitatif validitas dianalisis melalui Uji Gregory kemudian uji kepraktisan dan keterbacaan dianalisis menggunakan perhitungan skor rata-rata. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah sebagai berikut. Perangkat pembelajaran IPA terpadu dengan model inkuiri terbimbing menggunakan tema mengenal sistem peredaran darah pada manusia, menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang membantu peserta didik menemukan sendiri konsep yang sedang dipelajarai dan disajikan secara terpadu yaitu mengaitkan bidang biologi, fisika dan kimia dalam setiap pertemuannya. Hasil uji validitas masuk dalam kategori sangat valid dengan koefesien sebesar 1,0. Hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian oleh guru masuk dalam kategori praktis dengan memperoleh skor rata-rata silabus sebesar 3,6, skor rata-rata RPP sebesar 3,78, skor rata-rata LKPD sebesar 3,7, skor rata-rata instrumen penilaian sebesar 3,78. Hasil uji keterbacaan yang dilakukan peserta didik masuk dalam kategori terbaca dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 3,66. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model Inkuiri Terbimbing yang telah dikembangkan dapat dilanjutkan ke tahap uji lapangan utama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, IPA terpadu, inkuiri terbimbing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Putri Ismi Suciyati |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:58 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17310 |
Actions (login required)
View Item |