PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TEMA MENGENAL SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA

Suciyanti, Putri Ismi (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TEMA MENGENAL SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071018-COVER.pdf

Download (173kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071018-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071018-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelasakan karakteristik, tingkat validitas, tingkat kepraktisan serta tingkat keterbacaan perangkat pembelajaran IPA Terpadu dengan model inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA kelas VIII tema sistem perderan darah manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan model Borg & Gall, namun hanya terbatas sampai tahap lima yakni revisi hasil uji coba. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik penilaian penyebaran angket dan lembar validasi. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan hasil data kuantitatif validitas dianalisis melalui Uji Gregory kemudian uji kepraktisan dan keterbacaan dianalisis menggunakan perhitungan skor rata-rata. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah sebagai berikut. Perangkat pembelajaran IPA terpadu dengan model inkuiri terbimbing menggunakan tema mengenal sistem peredaran darah pada manusia, menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang membantu peserta didik menemukan sendiri konsep yang sedang dipelajarai dan disajikan secara terpadu yaitu mengaitkan bidang biologi, fisika dan kimia dalam setiap pertemuannya. Hasil uji validitas masuk dalam kategori sangat valid dengan koefesien sebesar 1,0. Hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian oleh guru masuk dalam kategori praktis dengan memperoleh skor rata-rata silabus sebesar 3,6, skor rata-rata RPP sebesar 3,78, skor rata-rata LKPD sebesar 3,7, skor rata-rata instrumen penilaian sebesar 3,78. Hasil uji keterbacaan yang dilakukan peserta didik masuk dalam kategori terbaca dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 3,66. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model Inkuiri Terbimbing yang telah dikembangkan dapat dilanjutkan ke tahap uji lapangan utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, IPA terpadu, inkuiri terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Putri Ismi Suciyati
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:58
Last Modified: 27 Jul 2023 06:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17310

Actions (login required)

View Item View Item