Lestari, Komang Ayu Nadya Suhita (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011026-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011026-ABSTRAK.pdf Download (552kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (510kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011026-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis pada materi fungsi. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Singaraja pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 37 orang. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika, lembar observasi keaktifan belajar siswa, dan lembar angket tanggapan siswa terhadap model pembelajaran. Hasil tes setiap siklusnya sudah mengalami peningkatan. Pada siklus I, rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 58,78; pada siklus II sebesar 69,05; dan pada siklus III sebesar 76,82 dan pada akhir siklus diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah sebesar 75,68%. Pada data keaktifan belajar dengan menggunakan lembar observasi telah mengalami peningkatan. Persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 52,87% dengan kriteria cukup, pada siklus II sebesar 65,26% dengan kriteria baik, dan pada siklus III sebesar 78,38% dengan kriteria baik. Rata-rata skor tanggapan siswa terhadap model pembelajaran sebesar 63,94 dengan kategori positif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Means-Ends Analysis, kemampuan pemecahan masalah, keaktifan belajar, tanggapan siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Ayu Nadya Suhita Lestari |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 01:43 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 01:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1739 |
Actions (login required)
View Item |