PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAWAN

Ayu, Putu Perdana Puspa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1817011019-COVER.pdf

Download (295kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1817011019-ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1817011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1817011019-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1817011019-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1817011019-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1817011019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1817011019-LAMPIRAN.pdf

Download (780kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Simple random sampling. Dalam pengambilan sampel, sampel diambil secara acak, dimana kelas-kelas tersebut diuji kesetaraannya. Jika sudah setara, maka kelas tersebut sudah bisa dipakai untuk penelitian. Yang dipilih hanya dua kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas tersebut yaitu kelas XE dan kelas XF. Teknik pengumpulan informasi atau teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data analisis dilakukan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji t beda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan terhadap pemahaman konsep belajar ekonomi siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament). Siswa dengan metode pembelajaran Problem Based Learning meraih skor rata-rata 67,5 dan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) memperoleh skor rata-rata 62,5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Belajar Siswa, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Putu Perdana Puspa Ayu
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:08
Last Modified: 06 Oct 2023 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17392

Actions (login required)

View Item View Item