ETNOPEDAGOGIK DALAM TRADISI MATERUNA NYOMAN(SEJARAH, PROSES, EKSISTENSI DAN IMPLIKASINYA DI DESA ADAT TENGANAN PAGERINGSINGAN, KARANGASEM BALI)

Arta, Ketut Sedana (2023) ETNOPEDAGOGIK DALAM TRADISI MATERUNA NYOMAN(SEJARAH, PROSES, EKSISTENSI DAN IMPLIKASINYA DI DESA ADAT TENGANAN PAGERINGSINGAN, KARANGASEM BALI). Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2039011001-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2039011001-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2039011001-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2039011001-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2039011001-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011001-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2039011001-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (758kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2039011001-LAMPIRAN.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Menganalisis masyarakat Desa Adat Tenganan Pagringsingan mengadakan tradisi Materuna Nyoman dalam rangka pendidikan karakter bagi generasi mudanya;(2) Untuk mengungkapkan prosesi tradisi Materuna Nyoman di Desa Adat Tenganan Pagringsingan; (3) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan tradisi Materuna Nyoman dalam rangka pendidikan karakter di Desa Adat Tenganan Pagringsingan;(4) Untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tradisi Materuna Nyoman di Desa Adat Tenganan Pagringsingan;(5) Untuk menemukan dan menganalisis implikasi pendidikan karakter dalam tradisi Materuna Nyoman bagi masyarakat di Desa Adat Tenganan Pagringsingan. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi kritis. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan trianggulasi data/sumber dan trianggulasi metode, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis etnografi dari Carspecken Hasil penelitian menunjukkan bahwa Latar belakang masyarakat Desa Adat Tenganan Pagringsingan mengadakan tradisi Materuna Nyoman dalam rangka pendidikan karakter bagi generasi mudanya:(1) Sebagai Pemertahanan Desa Adat Bali Kuno; (2) Tuntutan Awig-awig Desa Adat; (3) Sebagai media pendidikan karakter. Prosesi tradisi Materuna Nyoman terdiri dari 4 tahapan sebagai berikut: Tahapan awal terdiri dari (1) upacara Base Pamit, (2) Upacara kagedong, (3) Upacara Matamyang, (4) Upacara Malegar. Tahap Kedua pada Sasih Kesanga yaitu Ngiterang katikung, Ngejot Katipat. Tahap ketiga pada Sasih Kedasa dilaksanakan upacara Namyu. tahap keempat dilaksanakan pada Sasih Desta, yaitu Ngejot Gede, dan tahap kelima pada Sasih Sada upacara Katinggal/wisuda. 3.Faktor pendukung Materuna Nyoman yaitu: keluarga, desa adat, dukungan pemerintah. (2) Faktor penghambatnya antara lain: faktor mobilitas penduduk, faktor biaya, kelengkapan peserta, Kesehatan fisik, hambatan Cuntaka. Nilai-nilai Pendidikan karakter yang terdapat dalam tradisi Materuna Nyoman antara lain: nilai religious, tanggung Jawab dan disiplin, nilai toleransi, mandiri dan bekerja keras, peduli lingkungan, peduli sosial, jujur, demokratis. Implikasi Pendidikan Karakter dalam Tradisi Materuna Nyoman yaitu (1) terenkulturasinya nilai-nilai karakter Materuna Nyoman dalam keluarga yang meliputi : a) Meningkatnya perilaku religius sesuai ajaran Agama Hindu, b) Menumbuhkan sikap tanggung jawab.(2) Keseimbangan pendidikan formal dan pendidikan berbasis adat (pendidikan Materuna Nyoman), (3) Penguatan Desa Adat Tenganan Pagringsingan Sebagai Basis Budaya, (4) Meningkatnya kreativitas masyarakat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Etnopedagogik, Materuna Nyoman, Pendidikan Karakter
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Ketut Sedana Arta
Date Deposited: 09 Oct 2023 00:21
Last Modified: 09 Oct 2023 00:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17428

Actions (login required)

View Item View Item