AN ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE CHARACTERS OF LITTLE BILLY IN THE ROALD DAHL: BILLY AND THE MINPINS (2017)

Oktavirani, Ni Luh Gede Indah (2023) AN ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE CHARACTERS OF LITTLE BILLY IN THE ROALD DAHL: BILLY AND THE MINPINS (2017). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021062-COVER.pdf

Download (680kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021062-ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (639kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021062-LAMPIRAN.pdf

Download (634kB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam pembentukan karakter pada anak. Kurangnya pengajaran untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak menimbulkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah terjadinya degradasi karakter pada anak. Sastra anak seperti novel dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter sejak dini pada anak karena mengandung nilai moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lima nilai inti pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kemendikbud (2017) yang tercermin pada penokohan Little Billy dalam novel Billy and the Minpins karya Roald Dahl. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif yang dikemukakan Miles, Huberman, dan Saldana (2014) dalam proses analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Little Billy memiliki sembilan karakter: rasa ingin tahu, berani, cerdas, sopan, tulus, bertanggung jawab, bekerjasama, suka membantu, dan tidak patuh. Selain itu, karakter Billy juga mencerminkan lima nilai inti yang direkomendasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2017). Karakter santun dan ikhlas ini termasuk dalam nilai-nilai agama; nasionalis dan patriotik, yang termasuk dalam nilai-nilai nasionalis; rasa ingin tahu, cerdas, dan berani yang termasuk dalam nilai kemandirian; bekerjasama dan suka menolong, yang termasuk dalam nilai gotong royong; serta setia dan bertanggung jawab yang termasuk dalam nilai-nilai integritas. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sastra anak mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan contoh untuk mengajarkan karakter yang baik kepada anak. Oleh karena itu, novel ini dapat dimanfaatkan oleh orang tua, guru, dan pendidik sebagai bahan bacaan anak dan siswa sekaligus membangun karakternya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karakter, pendidikan karakter, sastra anak, lima nilai inti
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Gede Indah Oktavirani
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:30
Last Modified: 10 Oct 2023 08:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17445

Actions (login required)

View Item View Item