Wahyuni, Ni Puru Ari (2023) EVALUASI KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK NEW GENERATION (SIAK-NG) TERHADAP KEPUASAN DOSEN DAN MAHASISWA PADA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915091011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ASBTRAK)
1915091011-ABSTRAK.pdf Download (373kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (400kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENEITIAN)
1915091011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (473kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915091011-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Universitas Pendidikan Ganesha merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah mengimplementasikan sebuah sistem untuk memanajemen data akademik mahasiswa yang disebut dengan Sistem Informasi Akademik New Generation (SIAK-NG). Namun dalam pengimplementasiannya masih terdapat beberapa kendala yang dialami pengguna, seperti belum teridentifikasinya kualitas layanan di kalangan pengguna baik dosen maupun mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesesuaian kualitas layanan, pengaruh tingkat kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna, serta memberikan rekomendasi perbaikan yang diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas layanan SIAK-NG. Metode yang digunakan yaitu Service Quality (SERVQUAL) yang berfokus pada 5 variabel untuk mengukur kualitas layanan diantaranya Tangibles (Bukti Nyata), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tangkap), Assurance (Jaminan) dan Empathy (Empati) serta Importance Performance Analysis (IPA) berfungsi untuk untuk mengukur tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan harapan yang kemudian dilakukan plotting menggunakan diagram kartesius. Berdasarkan hasil analisis tingkat kesesuaian kualitas layanan berdasarkan data dosen, variabel Tangibles sebesar 83% dan Responsiveness sebesar 79%. Sedangkan variabel Reliability sebesar 93%, Assurance sebesar 99% dan Empathy sebesar 92%. Namun berdasarkan data mahasiswa variabel Reliability sebesar 79% dan Responsiveness sebesar 83%. Sedangkan variabel yaitu Tangibles sebesar 88%, Assurance sebesar 92% dan Empathy sebesar 86%. Secara umum, temuan ini menunjukkan bahwa kualitas layanan SIAK-NG sudah sesuai dengan harapan pengguna. Namun, kualitas layanan masih perlu ditingkatkan melalui perbaikan SIAK-NG. Rekomendasi perbaikan terhadap kualitas layanan SIAK-NG diperoleh berdasarkan masukan perbaikan yang diberikan oleh responden melalui kuesioner terbuka. Sedangkan analisis SWOT disusun berdasarkan capaian dari masing-masing variabel SERVQUAL dengan mempertimbangkan skor yang telah diberikan responden kemudian dilakukan pemetaan menggunakan diagram kartesius IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Kualitas Layanan, SIAK-NG, SERVQUAL, IPA |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ari Wahyuni |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 02:11 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 02:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17512 |
Actions (login required)
View Item |