Pengembangan media pembelajaran video interaktif berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan siswa kelas V SD

Denawati, Koming Ari (2023) Pengembangan media pembelajaran video interaktif berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan siswa kelas V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011010-COVER.pdf

Download (324kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011010-ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1913011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011010-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Materi pecahan berperan besar bagi siswa utamanya yang berkaitan dengan aktivitas dalam kesehariannya. Akan tetapi, keterbatasan media untuk mengajarkan materi tersebut membuat kurangnya semangat belajar dan rendahnya pemahaman konsep menjadi salah satu faktor penyebab kesulitan siswa menyelesaikan persoalan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D. Berkenaan dengan tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini, yakni mendeskripsikan karakteristik dan mengetahui kelayakan media pembelajaran video interaktif berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan siswa kelas V SD ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Karakteristik media pembelajaran video yang dikembangkan meliputi terdapat fitur interaktif berupa kuis dan serangkaian pernyataan untuk memantapkan pemahaman konsep siswa yang memungkinkan adanya interaksi timbal balik, video yang disajikan menggunakan animasi menarik mengenai contoh penerapan konsep pecahan dalam keseharian siswa, terdapat tombol unduh merekam hasil interaktivitas dan hasilnya dapat dilihat di aplikasi Lumi. Media pembelajaran video interaktif yang dihasilkan telah teruji tingkat validitas oleh Ahli Materi dan Ahli Media dengan masing-masing persentase kevalidan adalah 99% dan 95, 71% yang tergolong sangat baik; efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan kriteria keefektifan sedang dibuktikan dari nilai N-Gain yaitu 0,502; dan media pembelajaran video interaktif telah teruji praktis dilihat dari persentase hasil angket respons guru yaitu 90% dan persentase hasil angket respons siswa yaitu 85% yang tergolong sangat praktis. Oleh sebab itu, diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran video interaktif yang dikembangkan valid, efektif dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video interaktif, model pengembangan 4D, pendekatan kontekstual, pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Koming Ari Denawati
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:20
Last Modified: 18 Oct 2023 07:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item