PENGEMBANGAN PLATFORM DIGITAL PENDIDIKAN INDONESIA BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY

Puniatmaja, Gede Arka (2023) PENGEMBANGAN PLATFORM DIGITAL PENDIDIKAN INDONESIA BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2039011032-COVER)
2039011032-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2039011032-ABSTRAK)
2039011032-Abstrak.pdf

Download (372kB)
[img] Text (2039011032-BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011032-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (707kB)
[img] Text (2039011032-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011032-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (2039011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011032-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2039011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011032-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (2039011032-BAB 5 PENUTUP)
2039011032-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (2039011032-DAFTAR PUSTAKA)
2039011032-Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)
[img] Text (2039011032-LAMPIRAN)
2039011032-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Disertasi yang berjudul ”Pengembangan Platform Digital Pendidikan Indonesia Belajar Menggunakan Pendekatan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology” ini merupakan penelitian pengembangan sistem pembelajaran daring untuk ekosistem pendidikan di Indonesia. Berdasar pengamatan kondisi eksisting ditemukan bahwa platform pembelajaran daring yang banyak digunakan saat ini belum mengakomodir keterlibatan dari ekosistem sekolah yang merupakan pendukung dalam kesuksesan pendidikan nasional sebagaimana dicanangkan menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi Republik Indonesia. Produk-produk digital pendidikan yang ada tidak memiliki landasan teoretik-konseptual yang sahih, karena pengembangannya tidak menggunakan landasan teori-teori belajar dan pembelajaran yang telah teruji sahih. termasuk juga tidak ada validasi pakar dalam bidangnya, yaitu Teknolog pembelajaran (ahli desain) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perancangan sistem aplikasi untuk ekosistem pendidikan di Indonesia yaitu platform Indonesia belajar atau PIJAR menggunakan metode waterfall model beserta evaluasi penerimaan dan penggunaannya dengan menggunakan kerangka model Unified Theory of Acceptance and Use in Technology atau UTAUT. Model UTAUT digunakan untuk mendeskripsikan analisis pengaruh langsung dari harapan performansi, harapan usaha, pengaruh sosial dan kondisi pemfasilitasi terhadap penggunaan platform digital pendidikan PIJAR, serta untuk mendeskripsikan analisis peran kelompok, umur dan jenis kelamin dalam memediasi pengaruh terhadap penggunaan PIJAR. Dengan konsisten melaksanakan tahapan tahapan waterfall model terbentuklah sebuah produk platform digital pendidikan yang berfungsi sebagai sistem untuk operasional pembelajaran dan melibatkan ekosistem sekolah. Penelitian tahap evaluasi penerimaan dan penggunaan merupakan penelitian kuantitatif dilaksanakan pada sekolah-sekolah yang telah menggunakan sistem PIJAR. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna PIJAR (siswa, guru, admin sekolah) dan sampel penelitian ini diambil dari beberapa sekolah di area Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Jumlah sampel ditentukan dengan metode slovin dan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang memakai PIJAR. Diperoleh sebanyak 320 responden yang terdiri dari siswa : 158 orang, guru : 104 orang , dan administrator sekolah : 58 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan ke target sampel melalui media internet. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data Structural Equation Modelling (SEM) dengan program SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harapan usaha dan kondisi pemfasilitasi berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap penggunaan PIJAR sementara harapan performansi dan pengaruh sosial berpengaruh langsung secara positif namun tidak berpengaruh signifikan secara statistik. Kelompok, usia dan jenis kelamin tidak memberikan pengaruh moderasi terhadap penggunaan PIJAR.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Model Waterfall, PIJAR, UTAUT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Gede Arka Puniatmaja
Date Deposited: 17 Oct 2023 00:11
Last Modified: 17 Oct 2023 00:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17585

Actions (login required)

View Item View Item