PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS BERMUATAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP PEDULI BUDAYA SISWA SMP

Hikmawati, Hikmawati (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS BERMUATAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP PEDULI BUDAYA SISWA SMP. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2039011022-COVER.pdf

Download (377kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2039011022-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2039011022-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sains bermuatan konteks kearifan lokal berbasis web untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (KBTT) dan sikap peduli budaya (SPB) siswa SMP. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap Define telah dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap Design telah dilakukan pembuatan draft bahan ajar sains dan instrumen tes KBTT dan angket SPB. Pada tahap Develop telah dilakukan validasi pakar (materi, media, bahasa) untuk mengetahui kevalidan produk, pemberian angket respon pengguna (guru dan siswa) untuk mengetahui kepraktisan produk, ujicoba terbatas produk (satu kelas di SMP Negeri 21 Mataram) dan ujicoba produk pada skala yang lebih luas (SMP Negeri 16 Mataram) untuk mengetahui efektivitas produk. Desain Quasi-experimental pada ujicoba skala luas menggunakan pre-test post-test non-equivalent control group design. Uji hipotesis menggunakan MANCOVA satu jalur. Pada tahap Disseminate dilakukan penerapan produk di MTs Negeri 1 Mataram, publikasi artikel ilmiah, dan penyebaran produk ke guru-guru IPA agar dapat digunakan dalam pembelajaran sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan valid berdasarkan penilaian validator, praktis berdasarkan penilaian pengguna, dan efektif dalam meningkatkan KBTT dan SPB berdasarkan hasil ujicoba terbatas dan ujicoba skala luas. Berdasarkan uji MANCOVA diperoleh informasi bahwa ada perbedaan pengaruh secara signifikan penggunaan bahan ajar sains terhadap KBTT dan SPB secara simultan atau bersama-sama setelah mengontrol Kemampuan Awal siswa. Nilai KBTT dan SPB siswa pada kelas yang menggunakan bahan ajar sains bermuatan konteks kearifan lokal lebih tinggi dibandingkan pada kelas konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar sains bermuatan konteks kearifan lokal berbasis web yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan sikap peduli budaya siswa SMP di Kota Mataram.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, kearifan lokal, berpikir tingkat tinggi, sikap peduli budaya
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Hikmawati
Date Deposited: 17 Oct 2023 09:35
Last Modified: 17 Oct 2023 09:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17611

Actions (login required)

View Item View Item