Azizi, Hanif Tahfizul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID DALAM OLAHRAGA SEPAK TAKRAW MATERI TEKNIK DASAR SEPAK SILA UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR TAHUN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011020-COVER.pdf Download (956kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011020-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011020-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (580kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011020- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011020-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android dalam olahraga sepak takraw materi teknik dasar sepak sila untuk peserta didik Sekolah Dasar (SD). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahapan, yaitu konsep (concept), desain (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan distribusi (distribution). Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi/materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba produk pada penelitian ini adalah uji kelompok kecil dengan jumlah 4 orang peserta didik dan uji coba kelompok besar dengan menggunakan 1 kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil persentase uji ahli isi/materi pembelajaran 100% berkualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran 78,37 % berkualifikasi cukup, uji ahli media pembelajaran 100% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil 93,33% berkualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok besar 78,37% berkualifikasi cukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi android dalam olahraga sepak takraw materi teknik dasar sepak sila untuk peserta didik Sekolah Dasar (SD) layak digunakan untuk peserta didik Sekolah Dasar (SD) sebagai sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Sepak Takraw, MDLC |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Hanif Tahfizul Azizi |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 06:06 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 06:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17618 |
Actions (login required)
View Item |