ANALISIS MAKNA KONTEKSTUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DALAM KANAL KEMENKES RI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN KELAS VIII SMP

Pratiwi, Tatik Endang Ayu (2023) ANALISIS MAKNA KONTEKSTUAL IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DALAM KANAL KEMENKES RI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011030-COVER.pdf

Download (247kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011030-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011030-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011030-LAMPIRAN.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna kontekstual yang terkandung pada iklan layanan masyarakat dalam kanal YouTube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI dan mendeskripsikan relevansi iklan layanan masyarakat dalam kanal YouTube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI sebagai bahan ajar teks iklan di kelas VIII SMP. Sumber data dalam penelitian ini, meliputi subjek penelitian dan objek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah iklan layanan masyarakat dalam kanal YouTube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI edisi April 2022-April 2023, sedangkan objek penelitian adalah makna kontekstual pada iklan layanan masyarakat dalam kanal YouTube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI serta relevansinya terhadap pembelajaran teks iklan kelas VIII SMP. Dalam mengumpulkan data, jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif. Metode pengumpulan datanya, yakni metode dokumentasi serta metode simak dan catat. Teknik analisis yang diterapkan dalam penelitian, yakni: (1) identifikasi data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 16 iklan layanan masyarakat milik Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI edisi April 2022-April 2023 memiliki makna kontekstual masing-masing dan iklan layanan masyarakat tersebut memenuhi kriteria teks iklan sehingga memiliki relevansi terhadap pembelajaran teks iklan kelas VIII SMP. Selain itu, iklan layanan masyarakat milik Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI dapat digunakan sebagai bahan ajar teks pada materi teks iklan kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: iklan layanan masyarakat, makna kontekstual, teks iklan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Tatik Endang Ayu Pratiwi
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:00
Last Modified: 18 Oct 2023 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17626

Actions (login required)

View Item View Item