Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di MAN 1 Jembrana

Firdiyati, Hinny (2023) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di MAN 1 Jembrana. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041011-COVER.pdf

Download (445kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041011-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041011-LAMPIRAN.pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan direct instruction (sebagai kelompok kontrolnya). Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dan didesain dengan rancangan non equivalent pre and post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di MAN 1 Jembrana. Sampel dipilih dengan teknik sampling acak sederhana dan terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang mencakup 32 peserta didik, dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang mencakup 33 peserta didik. Data hasil belajar diperoleh melalui tes evaluasi hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen reratanya sebesar 51,9% sedangkan rerata kelas kontrol sebesar 32,9%, nilai hipotesis didapat bahwa nilai p sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dapat mempengaruhi hasil belajar hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning1, Mind Mapping2, Hasil Belajar3
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Hinny Firdiyati
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:37
Last Modified: 19 Oct 2023 02:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17638

Actions (login required)

View Item View Item