PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MARBEL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK PADA KELOMPOK B GUGUS II KECAMATAN GEROKGAK

FITRI, ELISA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MARBEL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK PADA KELOMPOK B GUGUS II KECAMATAN GEROKGAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1811061044-Cover.pdf

Download (542kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811061044- ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811061044-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan analisis anak-anak di kelompok B yang menggunakan aplikasi marbel angka di Kelompok B. Mengetahui tata cara pembuatan bahan ajar berbasis aplikasi marbel untuk meningkatkan kemampuan analisis anak kelompok B di RA. Miftahul Huda Gerokgak. Untuk meningkatkan kemampuan analisis anak kelompok B di RA, perlu dilakukan penilaian validitas pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi marbel di RA, Miftahul Huda Gerokgak. Model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) akan digunakan dalam proyek ini. Uji validitas isi oleh dua ahli menghasilkan nilai validitas isi sebesar 0,93 yang tergolong validitas sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa menggunakan aplikasi permainan angka yang menyenangkan untuk membantu anak-anak membangun keterampila analitis mereka adalah pilihan yang tepat. Menurut hasil tes evaluasi keefektifan permainan angka-angka menyenangkan dalam membina kemampuan analitis anak-anak, rata-rata skor kemampuan analisis siswa kelompok kecil yang menggunakan angka-angka kelereng menyenangkan ditemukan sebesar 80,2%, yang dianggap sebagai nilai yang baik, dan skor untuk kelompok besar menjadi 81%, yang dianggap sangat baik. Dari hasil temuan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa konstruksi media pembelajaran berbasis aplikasi kelereng untuk mendorong perkembangan kemampuan analisis siswa kelompok B memiliki validitas yang sangat tinggi sehingga dapat dipraktikkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Aplikasi Marbel, Kemampuan Analisis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Elisa Elisa Fitri
Date Deposited: 26 Oct 2023 00:42
Last Modified: 26 Oct 2023 00:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17680

Actions (login required)

View Item View Item