Kusumasari, Ni Luh Gede (2023) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek dengan Pendekatan STEAM pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011049-COVER.pdf Download (376kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011049-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011049-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif berbasis proyek dengan pendekatan STEAM pada materi statistika yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan model ADDIE yang terbatas sampai tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VIII F dan dua orang guru matematika SMP Wisata Sanur. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dokumentasi, angket, dan tes pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Karakteristik e-modul interaktif yaitu: 1) Bersifat interaktif yang tertera pada kuis evaluasi interaktif dilengkapi dengan pembahasan yang menuntun siswa ketika salah dalam menjawab soal kuis. 2) E-modul interaktif yang dikembangkan memuat lima disiplin ilmu STEAM. 3) E-modul berbasis proyek dengan pendekatan STEAM mendukung pemahaman konsep statistika siswa. 4) Penyajian materi diintegrasikan dengan disiplin ilmu sains sehingga siswa dapat memahami konsep statistika dengan lebih bermakna, terdapat software Youtube, Google Sheets, dan Google Jamboard sebagai disiplin ilmu teknologi, teknik, seni, dan matematika yang mendukung siswa untuk memahami konsep dan mengerjakan tugas proyek statistika. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan e-modul interaktif memenuhi kriteria sangat valid secara berturut-turut dengan rata-rata skor 4,7 dan 4,56. Hasil uji kepraktisan menunjukkan e-modul interaktif memenuhi kriteria praktis dari sisi aspek kejelasan berkriteria baik dengan rata-rata skor 1,91, sedangkan dari sisi aspek lainnya yakni aspek daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan berkriteria unggul secara berturut-turut dengan rata-rata skor 1,93, 2,09, 1,97, 1,92, dan 1,98. Hasil uji efektivitas e-modul interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep statistika memenuhi kriteria sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,57. Walaupun e-modul interaktif ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, e-modul interaktif ini perlu diujicobakan pada subjek penelitian yang lebih luas dan beragam. Adapun kekurangan lain dari penelitian ini yaitu e-modul interaktif belum memenuhi karakteristik self-instructional pada pengerjaan tugas proyek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul interaktif, Pendekatan STEAM, Penugasan proyek, Statistika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Kusumasari |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 02:56 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 02:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17712 |
Actions (login required)
View Item |