PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU VIDEO SCRIBE PADA MATERI POKOK PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 3 SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sriwidiastuti, Ni Putu (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU VIDEO SCRIBE PADA MATERI POKOK PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 3 SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1614021005-COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1614021005-ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1614021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1614021005-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1614021005-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBEHASAN)
1614021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1614021005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1614021005-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena terdapat masalah berupa motivasi dan hasil belajar dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS 2 SMAN 3 Singaraja. Penelitian ini bertujuan; (1) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 melalui penerapan model pembelajaran CTL berbantu video scribe, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2, (3) Mengetahui respon siswa kelas XI IPS 2 terhadap penerapan model pembelajaran CTL berbantu video scribe. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahap-tahap yang dilakukan dalam PTK yaitu (1) penentuan subjek penelitian, (2) membuat rencana tindakan, (3) melaksanakan tindakan, (4) observasi, (5) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 pada siklus I adalah 59,80% dengan kategori tinggi, meningkat menjadi 65,77% pada siklus II dengan kategori tinggi; (2) rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 pada siklus I adalah 71,70% dengan kategori sedang dan ketuntasan belajar siswa mencapai 61,29%, meningkat menjadi 77,87% dengan kategori sedang dan ketuntasan belajar siswa mencapai 77,41% pada siklus II; (3) respon siswa kelas XI IPS 2 terhadap model pembelajaran CTL berbantu video scribe pada siklus I mencapai rata-rata 38,96% dengan kategori tinggi, meningkat menjadi 43,16% pada siklus II dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran CTL berbantu video scribe dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CTL, Video Scribe, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Ni Putu Sriwidiastuti
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:13
Last Modified: 15 Jul 2020 04:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item