PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA KELAS VII SMP NEGERI 3 PRINGGARATA

Anantha, Andika Putri (2023) PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA KELAS VII SMP NEGERI 3 PRINGGARATA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011009-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011009-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011009-BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011009-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011009-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011009-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011009-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011009-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran teks berita menggunakan aplikasi Wordwall kelas VIIA SMP Negeri 3 Pringgarata, mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran teks berita menggunakan aplikasi Wordwall kelas VIIA SMP Negeri 3 Pringgarata, mengetahui respons siswa terhadap penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran teks berita kelas VIIA SMP Negeri 3 Pringgarata. Penelitian tindakan kelas adalah rancangan yang digunakan pada penelitian ini dengan mengambil subjek siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Pringgarata dan objek penggunaan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran pada materi teks berita, hasil belajar serta respons siswa pada pembelajaran teks berita menggunakan aplikasi Wordwall. Metode pengumpulan data meliputi observasi, tes, dokumentasi, dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh yakni penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran teks berita sangat membantu guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, nilai siswa menignkat setelah diterapkannya aplikasi Wordwall. Nilai siswa pada pratindakan rata-rata sebesar 54%, setelah dilakukannya tindakan pertama pada siklus I memeroleh data 64,8% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89,2%. Respons siswa terhadap penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran teks berita juga sangat positif yakni 41,7% (positif), sedangkan pada siklus II diperoleh 46,5% (sangat positif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wordwall, Teks Berita, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Andika Putri Anantha
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:18
Last Modified: 20 Oct 2023 08:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17727

Actions (login required)

View Item View Item