Anantha, Andika Putri (2023) PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKS BERITA KELAS VII SMP NEGERI 3 PRINGGARATA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011009-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011009-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011009-BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011009-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011009-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011009-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011009-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran teks berita menggunakan aplikasi Wordwall kelas VIIA SMP Negeri 3 Pringgarata, mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran teks berita menggunakan aplikasi Wordwall kelas VIIA SMP Negeri 3 Pringgarata, mengetahui respons siswa terhadap penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran teks berita kelas VIIA SMP Negeri 3 Pringgarata. Penelitian tindakan kelas adalah rancangan yang digunakan pada penelitian ini dengan mengambil subjek siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Pringgarata dan objek penggunaan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran pada materi teks berita, hasil belajar serta respons siswa pada pembelajaran teks berita menggunakan aplikasi Wordwall. Metode pengumpulan data meliputi observasi, tes, dokumentasi, dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh yakni penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran teks berita sangat membantu guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, nilai siswa menignkat setelah diterapkannya aplikasi Wordwall. Nilai siswa pada pratindakan rata-rata sebesar 54%, setelah dilakukannya tindakan pertama pada siklus I memeroleh data 64,8% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89,2%. Respons siswa terhadap penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran teks berita juga sangat positif yakni 41,7% (positif), sedangkan pada siklus II diperoleh 46,5% (sangat positif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wordwall, Teks Berita, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Andika Putri Anantha |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 08:18 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 08:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17727 |
Actions (login required)
View Item |