Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media ICT TPACK terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Senam Lantai (Roll Depan dan Roll Belakang) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja

Warmanta, I Gede Martika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media ICT TPACK terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Senam Lantai (Roll Depan dan Roll Belakang) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011058-COVER.pdf

Download (963kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1916011058-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1)
1916011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 2)
1916011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1916011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1916011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1916011058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1916011058-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media ICT TPACK terhadap hasil belajar senam lantai roll depan dan roll belakang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian Pretest dan Post-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja yaitu terdiri dari 150 orang peserta didik dan dibagi menjadi 5 kelas. Pengambilan sampel dapat dilakukan dengan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas 8B sebagai kelompok eksperimen dan kelas 8C sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar senam lantai dikumpulkan melalui tes esai untuk aspek kognitif dan unjuk kerja untuk aspek psikomotor. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,523 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0,313. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-Samples t Test) adalah 0,000 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media ICT TPACK terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media ICT TPACK karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Media ICT TPACK, Problem Based Learning, senam lantai.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Gede Martika Warmanta
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:11
Last Modified: 21 Oct 2023 02:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17747

Actions (login required)

View Item View Item