PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GOOGLE EARTH TERHADAP KEMAMPUAN INTERPRETASI CITRA SISWA

Pratama, Bimo (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GOOGLE EARTH TERHADAP KEMAMPUAN INTERPRETASI CITRA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914031022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914031022-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914031022-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis penerapan Media Pembelajaran Digital berbasis Google Earth dalam pembelajaran geografi sebagai upaya meningkatkan kemampuan interpretasi citra siswa, (2) menganalisis kemampuan interpretasi citra siswa pada kelas yang menerapkan dan tidak menerapkan media Pembelajaran Digital berbasis Google Earth dalam pembelajaran geografi di SMA Swasta Laboratorium Undiksha, (3) menganalisis pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Digital berbasis Google Earth dalam pembelajaran geografi terhadap kemampuan interpretasi citra siswa di SMA Swasta Laboratorium Undiksha. Penelitian didesain sebagai penelitian eksperimen semu dengan Non-Equivalent Post-Test Only Kontrol Group Design menggunakan Media Pembelajaran Digital Berbasis Google Earth sebagai variabel bebas dan Kemampuan Interpretasi Citra Siswa sebagai variabel terikat. Populasi penelitian mencakup Siswa dan Guru Geografi Kelas X dengan jumlah 58 siswa dan 1 guru. Randomisasi yang dilakukan melalui teknik undian menetapkan Kelas X IIS sebagai kelas eksperimen dan Kelas X MIPA sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui mann whiteney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media Pembelajaran Digital Berbasis Google Earth dapat diimplementasikan guru secara efektif dalam upaya meningkatkan Kemampuan Interpretasi Citra Siswa dengan kriteria ”Baik” (85.9), (2) Rata-Rata kemampuan Interpretasi Citra Siswa pada kelas yang menerapkan Google Earth memperoleh nilai ”78.68” lebih tinggi dari kelas yang tidak menerapkan Google Earth dengan perolehan nilai ”67.84”, dan (3) Terdapat pengaruh pengimplementasian media Pembelajaran Digital Berbasis Google Earth secara signifikan terhadap peningkatan Kemampuan Interpretasi Citra Siswa Kelas X SMA Swasta Laboratorium Undiksha. Peningkatan Kemampuan Interpretasi Citra Siswa Kelas X SMA Swasta Laboratorium Undiksha dengan nilai signifikansi (0.002 < 0.05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Google Earth, Kemampuan Interpretasi Citra, media pembelajaran digital, Pembelajaran Geografi, Penginderaan Jauh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Bimo Pratama
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:44
Last Modified: 26 Oct 2023 02:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17748

Actions (login required)

View Item View Item