IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SENAM LANTAI ROLL DEPAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X-E SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Melani Widiarsini, Luh Eta (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SENAM LANTAI ROLL DEPAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X-E SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011028- COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1916011028-ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011028- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1916011028-LAMPIRAN.pdf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai roll depan pada peserta didik kelas X-E SMA Negeri 1 Sawan melalui implementasi Project Based Learning. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan dua siklus, yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas X-E SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2022/2023. Hasil wawancara dan observasi memberikan dasar untuk tahap perencanaan pada siklus 1. Data dikumpulkan melalui observasi lembaran pengamatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan gerakan senam lantai roll depan, serta tes hasil belajar yang dilakukan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian mencakup deskripsi menyeluruh tentang pelaksanaan penelitian,perkembangan hasil belajar pada setiap siklus, dan respon peserta didik terhadap penerapan model Project Based Learning. Analisis data mengindikasikan bahwa model ini berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik dari 66,04333 kategori cukup pada siklus I menjadi sebesar 84,27667 kategori baik pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa implementasi Project Based Learning mampu signifikan meningkatkan hasil belajar senam lantai roll depan pada peserta didik kelas X-E SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini menunjukkan potensi positif dari penerapan model pembelajaran yang menekankan pada proyek nyata dalam mengoptimalkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik. Oleh karena itu, diharapkan kepada pihak terkait untuk lebih mengintegrasikan model pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik dalam penerapan model pembelajaran mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam konteks praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Luh Eta Melani Widiarsini
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:29
Last Modified: 21 Oct 2023 02:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17765

Actions (login required)

View Item View Item