Nuarta, Agus (2023) Pengembangan Model Latihan Gerak Dasar Manipulatif Berbasis Permainan Untuk Peserta Didik Kelas Tinggi Di SD Negeri 3 Banyuning Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011068-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011068-ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 1)
1916011068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (383kB) |
|
Text (BAB 2)
1916011068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1916011068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1916011068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1916011068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011068-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan gerak dasar manipulatif berbasis permainan untuk peserta didik kelas tinggi di SD Negeri 3 Banyuning yang produknya dikemas dalam bentuk buku. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE ini terdiri atas 5 tahapan yaitu, (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan ahli isi, ahli media pembelajaran, ahli bahasa. Selanjutnya, produk pengembangan melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan uji kepraktisan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan atau kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ahli isi/materi pembelajaran memperoleh persentase skor 95,2% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 94,6% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli bahasa memperoleh persentase skor 92% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 95,3% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 95,3% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar memperoleh persentase 95,5% dengan kualifikasi sangat baik dan uji kepraktisan mendapatkan persentase sebesar 96,9% dengan kualifikasi sangat praktis. Diperoleh simpulan bahwa pengembangan model latihan gerak dasar manipulatif berbasis permainan untuk peserta didik kelas tinggi di SD Negeri 3 Banyuning yang ditinjau dari hasil uji coba ahli dan uji coba lapangan, sehingga model latihan gerak dasar manipulatif berbasis permainan untuk peserta didik kelas tinggi di SD Negeri 3 Banyuning dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media penunjang pembelajaran PJOK materi gerak dasar manipulatif di kelas tinggi. Saran kepada pengajar untuk mengimplementasikan buku model latihan gerak dasar manispulatif berbasis permainan pada mata pelajaran PJOK yang relevan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerak dasar manipulatif, permainan, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Agus Nuarta |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 01:12 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17812 |
Actions (login required)
View Item |