IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENTS BERBASIS DIRECT INSTRUCTION BERMUATAN BUDAYA LOKAL MAJA LABO DAHU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL DALAM MATA PELAJARAN IPS

YORMAN, YORMAN (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENTS BERBASIS DIRECT INSTRUCTION BERMUATAN BUDAYA LOKAL MAJA LABO DAHU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL DALAM MATA PELAJARAN IPS. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2039011005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2039011005-ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (924kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2039011005-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) berbasis Direct Instruction bermuatan Budaya Lokal Maja labo Dahu (MlD) dalam meningkatkan motivasi belajar dan sikap sosial dalam pembelajaran IPS, (2) motivasi Belajar Siswa sebelum dan sesudah pengimplementasian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) berbasis Direct Instruction bermuatan Budaya Lokal Maja labo Dahu (MlD) dalam pembelajaran IPS, (3) Sikap Sosial Siswa sebelum dan sesudah pengimplementasian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) berbasis Direct Instruction bermuatan Budaya Lokal Maja labo Dahu (MlD) dalam pembelajaran IPS, (4) pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) berbasis Direct Instruction bermuatan Budaya Lokal Maja labo Dahu (MlD) secara simultan terhadap Motivasi Belajar dan Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS. Berkenaan dengan itu, digunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan non equivalen post-test only control group design. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditentukan secara random dengan tehnik undian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan Angket yang selanjutnya dianalisis secara Deskriptif Kualitatif dan Inferensial menggunakan Uji Beda dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) berbasis Direct Instruction bermuatan Budaya Lokal Maja labo Dahu (MlD) diimplementasikan secara efektif signifikan < 0,05) dalam meningkatkan motivasi belajar dan sikap sosial dalam pembelajaran IPS, (2) Terdapat perbedaan motivasi Belajar Siswa secara signifikan dengan perolehan nilai F = 117,663, Sig. ,000 (49,5%) sebelum dan sesudah pengimplementasian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) berbasis Direct Instruction bermuatan Budaya Lokal Maja labo Dahu (MlD) dalam pembelajaran IPS, (3) terdapat perbedaan Sikap Sosial Siswa secara signifikan dengan perolehan nilai F = 62,079, Sig. ,000 (339%) sebelum dan sesudah pengimplementasian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) berbasis Direct Instruction bermuatan Budaya Lokal Maja labo Dahu (MlD) dalam pembelajaran IPS, (4) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) berbasis Direct Instruction bermuatan Budaya Lokal Maja labo Dahu (MlD) berpengaruh secara simultan terhadap Motivasi Belajar dan Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan perolehan nilai F = 31,895, Sig.,000 (20,6 %).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments, Direct Instructional, Maja labo Dahu, Motivasi Belajar Siswa, Sikap Sosial Siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Yorman
Date Deposited: 23 Oct 2023 00:59
Last Modified: 23 Oct 2023 00:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17814

Actions (login required)

View Item View Item